Saturday, December 3, 2011

Anda Harus Pintar Memilih Sistem Operasi [OS] Mobile Sebelum Membelinya

Semakin berkembangnya smartphone (telefon pintar) yang beredar di pasaran, para pencinta gadget harus juga pintar memilih yang terbaik. Bagi memastikan sama ada telefon yang ingin anda miliki itu sesuai dengan keperluan anda adalah bergantung pada cara anda hendak menggunakannya. Jadi, anda perlu tahu cara untuk memaksimumkan penggunaan telefon pintar anda.

Ketika ini beberapa OS mobile yang dikenali adalah seperti Symbian, BlackBerry, iOS, Android, dan bakal menyusul yang terbaru adalah Windows Phone 7 atau WP7. Agar anda dapat memilih prestasi OS mobile sesuai dengan keperluan, berikut ini penjelasan singkat beberapa OS [operating system] atau sistem operasinya.

1. BlackBerry
Research in Motion (RIM), penjualan BlackBerry (BB) tercatat sebagai terlaris dan terbanyak di dunia dengan jumlah jualan mencapai 800 ribu pelanggan, itupun hanya untuk satu operator saja. BB memiliki kelebihan pada aplikasi push mail dan BlackBerry Massenger-nya. RIM baru saja mengeluarkan versi terbaru dari blackberry massenger, yaitu BBM 6.0.
Melalui aplikasi BBM tersebut, anda dapat mengirim pesanan secara gratis kepada seluruh teman di phonebook yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis telefon lain.

2. Android
Operating System (OS) milik Google ini memang terbilang masih baru. Tidak hairan masih banyak kekurangannya, terutama pada masalah sekuritinya menjadi sasaran utama dan mudah ditembusi malware dan virus.
Namun, OS ini menjanjikan teknologi yang tinggi, apalagi dengan kemudahan sampingan Google di belakangnya. Sebut saja HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG, dan Samsung adalah contoh deretan produksi telefon pintar yang menggunakan OS Android.
Android menjanjikan pelbagai software yang mudah, banyak pilihan aplikasi yang boleh dipilih antaranya seperti copy paste, multi tasking, kustomisasi home screen, notification alerts, google maps, push email, quick mobile office dan lain-lain.

3. iOS
Inilah OS hasil teknologi Apple yang hanya digunakan oleh iPhone sebagai produksi Apple. Jika anda tertarik menggunakan OS ini, maka tidak banyak pilihan yang ditawarkan. Meskipun begitu, Apple menjanjikan sistem keamanan yang bagus dengan penampilan reka bentuk menawan, serta berkualiti.
iOS menawarkan fitur multitasking video chat dan copy paste. Sayang, OS ini tidak mendukung flash, namun dengan dukungan HTML 5, pengguna dapat memainkan video di browser. 

4. Symbian
Symbian adalah OS open source milik Nokia. Inilah salah satu OS mobile tertua yang pernah ada. Sayang, OS ini masih belum dianggap hebat di persada telefon pintar. Nokia memang masih harus belajar banyak dari RIM, Apple ataupun keluaran telefon pintar lainnya.
Kepopularan Symbian pada telefon pintar ditenggelami antara Android, Blackberry, ataupun iOS yang semakin cemerlang pencapaiannnya. Bahkan Nokia sendiri mulai memalingkan diri ke OS WP7.
Namun kelebihan terbesar dari OS ini adalah sangat mudah dioperasikan (mesra pengguna). Namun, tampaknya Nokia enggan untuk melanjutkan pengembangan OS ini. Khabarnya, Nokia akan menghentikan pengembangan OS ini pada 2012. Namun Nokia tetap mendukung Symbian hingga pada 2014.

 5. WP7
Windows Phone memiliki versi 7 atau 7.5 Mango sebagai OS terbaru yang akan berada di pasaran mulai tahun 2012 di Malaysia. Terdapat beberapa pengeluar smartphone yang berencana akan memproduksi telefon pintar berbasis WP7 dan Nokia adalah salah satunya.
Sebagai OS yang masih baru, WP7 menawarkan penggabungan beberapa fitur dalam satu hub. Misalnya, People Hub, yang dapat menampilkan status Facebook beberapa teman yang ada di kontak telefon. Anda dengan mudah dapat memantau atau memberikan feedback pada status mereka.

OS ini memerlukan prosesor berkeupayaan tinggi. Prosesor yang diperlukan adalah berkelajuan 1GHz atau lebih agar prestasi OS ini maksimum. Tentu saja ini berimbas pada harga jual ponsel yang menggunakan OS ini.
Ada kelebihan pada sistem navigasi pada Windows Phone yang sangat smooth dan memungkinkan perpindahan dari satu layar ke layar lain atau aplikasi lain dengan mudah dan lancar. [dipetik dari suaramerdeka cybernews]

1 comment:

kakyon said...

masaalahnya..talipon lebih pintar dari tuannya..heheh