Monday, September 16, 2013

10 Mata Wang Termahal di Dunia

Seperti disalin dari foxnews24x7.com, terdapat beberapa negara di mana nilai tukaran wang terhadap dolar sangat mahal. Sebut saja Bahrain, 1 dinar Bahrain dinilai setara dengan US$ 2.65.
Penduduk yang tinggal di kawasan Eropa juga dapat menikmati tingginya nilai wang euro terhadap dolar AS. Warga Eropa yang berlibur ke AS dapat membeli banyak barang dengan harga yang lebih murah di sana mengingat nilai tukarnya yang sangat tinggi terhadap dolar AS.

Selain dinar dan euro, berikut adalah antara 10 negara yang mata wangnya paling mahal di dunia mengatasi dolar US bermula dari tempat ke-10.

10. Franc Swiss
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 franc = US$ 1.07
Swiss memiliki perekonomian yang stabil, makmur dan berteknologi tinggi. Pada 2011, Swiss menjadi negara terkaya di dunia dari segi pendapatan per kapita. Sementara berdasarkan besaran PDB-nya, ekonominya merupakan yang ke-9 di dunia.
Dinilai dari segi daya belinya, negara ini berada di urutan ke-36 di dunia. Mengukur volume eksportnya, Swiss menjadi pengeksport terbesar ke-20. 

9.Dolar Cayman Islands
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 KYD = US$ 1.22
Tanpa pengenaan pajak langsung, negara kepulauan ini menjadi pusat kewangan luar negara dengan ratusan bank, perusahaan insuran dan pinjmn. Satu dolar Cayman Islands setara dengan US$ 1.21.

8.Manat Azerbaijan
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 manat = US$ 1.27
Setelah merdeka pada 1991, Azerbaijan menjadi salah satu negara anggota International Monetary Fund (IMF), Bank Dunia, European Bank for Reconstruction and Development, Islamic Development Bank dan Asian Development Bank.
Sistem perbankan di negara ini terdiri dari Bank Sentral Azerbaijan, sejumlah bank komersial dan perusahaan kredit non-perbankan.

7. Euro 
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 EUR = US$ 1.32
Sejak diumumkan pada 1999, Euro tidak banyak berubah hingga Januari 2001, Euro terus menguat terhadap dolar AS selama bertahun-tahun.

Mata wang ini digunakan di seluruh kawasan Eropa yang berjumlah 17 negara seperti Jerman, Finland, Itali, Yunani, Belanda, Portugal dan Sepanyol.
Euro merupakan cadangan mata wang terbesar kedua di dunia dan juga berada di posisi ke-2 sebagai mata wang yang paling sering diperdagangkan.

6.  Dinar Jordan
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 JOD = US$ 1.41

Walaupun Jordan kekurangan air dan minyak tetapi kerajaan Timur Tengah ini memiliki satu keunggulan yang jarang dimiliki negara lain. Keunggulannya adalah mata wang yang kuat. 


Sejak 1927 hingga 1950, Palestine Currency Board menerbitkkan pound Palestin sebagai mata wang rasmi di Palestin dan Jordan. Namun setelah Jordan merdeka pada 1946, negara tersebut ingin memiliki mata wang sendiri dan lahirlah dinar Jordan.


5.  Pound sterling Britain
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 GBP = US$ 1.58
Pada musim liburan seperti ini, para penduduk neg ra Inggris mengambil keuntungan dari nilai tukarannya yang bernilai tinggi. Warga Inggris ini datang ke AS di mana semua barang hanya dibayar setengah harga saja.

4.  Lats Latvia
Nilai tukarn terhadap dolar: 1 LVL = US$ 1.89
Luas Latvisa hampir setara dengan Virginia Barat, AS. Negara ini sedang dalam proses untuk mengganti lat dengan euro yang pernah diumumkan akan menjadi mata wang rasminya pada 2012 lalu.

3.  Riyal Omani
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 OMR = US$ 2.6
Negara di wilayah pantai timur Afrika, Oman memiliki nilai mata wang sangat kuat terhadap dolar AS. Di sana 1 riyal Oman setara dengan US$ 2.6. Dengan kuatnya hubungan antara perusahaan di sana, pastinya riyal akan terus mengukuh terhadap dolar.

2.  Dinar Bahrain
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 BHD = US$ 2.65
Negara kecil ini memiliki keluasan wilayah yang hampir setara dengan 3.5 kali luas Washington DC. Secara geografi, Bahrain merupakan pusat negara-negara di teluk Parsi.
Industrinya banyak bergantung kepada produksi minyak, kewangan, dan konstruksi. Dinar Bahrain merupakan mata wang termahal ke dua di dunia. Diharapkan nilainya akan terus stabil terhadap dolar.

1.  Dinar Kuwait
Nilai tukaran terhadap dolar: 1 KWD = US$ 3.51
Tahun ini, Kuwait terlibat dalam rundingan dengan lima kerajaan Timur Tengah lainnya untuk membentuk satu mata wang baru. Mata uang Kuwait ketika ini terus mengukuh terhadap dolar. [foxnews24x7.com]

1 comment:

mama_ka0ri said...

tak faham la kita bab2 mata wang ni..en hubby suka la pasal ni..huhu..