Saturday, August 3, 2013

Disebalik Cara Bersin, Membongkar Keperibadian Seseorang

Menurut NBC News, bersin merupakan reaksi spontan. Bersin terjadi ketika tubuh mengesan bakteria atau unsur lain yang membahayakan kesihatan tubuh. apa yang uniknya, sesungguhnya bersin setiap orang tidaklah sama. Ada yang berbunyi keras dan menimbulkan kelucuan, juga bersin kecil yang mirip dengan suara tikus. Dari gaya bersin itulah keperibadian seseorang dapat diketahui.

"Untuk mengetahui hubungan bersin dengan jenis keperibadian, pengkaji berasal dari Atlanta, Patti Wood, melakukan penyelidikan terhadap 500 responden," tulis akhbar Tampa Bay Times. Hasil kajian itu menunjukkan ada empat keperibadian berdasarkan keadaan cara bersin.

1. Orang yang bersin dengan suara keras dan berkali-kali diperkirakan memiliki keperibadian yang demonstratif atau suka menunjukkan perasaannya, karismatik, serta seadanya.


2. Orang yang mencuba menahan suara bersin biasanya bersifat sopan, ramah, dan tenang.

3. Orang yang bersin dengan keras dan cepat pada umumnya memiliki bakat menjadi pemimpin yang bersikap tegas.

4. Orang yang selalu menutup mulut ketika bersin memiliki kebiasaan yang rapi, metodis, dan selalu berdisiplin.

Peneliti lain, Dr Alan Hirsch, berpendapat bersin tidak hanya menunjukkan keperibadian seseorang. Ahli saraf dan psikiatri di Chicago ini berkata,dengan melihat jenis bersin seseorang, dia dapat menguak kehidupan seks mereka.


Jadi, apabila seseorang merasa tertekan dengan kegiatan seksnya, ia cenderung bersin tertahan. Sedangkan orang yang menikmati seksnya, akan bersin dengan kuat dan keras."

3 comments:

Herdoni Wahyono said...

Cara bersin pun bisa dijadikan sinyal untuk mengetahui karakter seseorang. Kepribadian memancar ke dalam tindak tanduknya sehari-hari. Ulasan yang menarik sebagai referensi kita untuk mengetahui kepribadian seseorang. Terima kasih. Salam cemerlang.

Ida Syuhada said...

Ayah selalu tegur cara Ida bersin mengeluarkan bunyi yang kuat. Dia kata tak manis seorang perempuan bersin kuat macam tu... tapi kan... kalau bersin tak kuat tak puas hehehe

Mia Liana said...

oo ada kaitan rupanya...