Saturday, April 23, 2011

Benarkah ini? Semua Bahasa Manusia Bermula dari Afrika...

London: Seperti asal-usul nenek moyang kita, semua bahasa juga berasal dari benua Afrika. Demikian pendapat sejumlah ilmuwan Barat setelah meneliti asal loghat dan bahasa yang berkembang di Benua Hitam sejak 150 ribu tahun lalu.

Penelitian yang menggunakan "World Atlas of Language Structure" sebagai sumber utamanya itu berpegang pada teori bahwa peradaban yang lebih tua memiliki perbezaan linguistik yang lebih banyak berbanding peradaban yang lebih muda. Dengan menganalisis ratusan bahasa, para penyelidik mendakwa telah berjaya menemui bukti dengan banyaknya bila dan dari mana bahasa-bahasa tersebut berasal.
"Kami menyelidiki sekitar 504 bahasa untuk mengetahui berapa banyak fonem (bunyi pengucapan khusus) yang ada dalam bahasa tersebut. Dari penelitian ini kami menemukan bahwa bahasa-bahasa di Afrika rata-rata memiliki sekitar 100 fonem. Bahasa Inggris, Prancis dan Jerman saja hanya memiliki sekitar 45 fonem," jelas Dokter Quentin yang mengetuai penyelidikan itu. [Sila baca keseluruhannya untuk mengelak kekeliruan]