Thursday, July 23, 2009

Makan Perlahan-lahan Membantu Menurunkan Berat Badan

image

Menikmati makanan secara perlahan-lahan bisa membantu Anda menurunkan berat badan, juga membuat kerja organ-organ pencernaan lebih ringan.

Sebuah studi dari UKMedix menyebutkan, ketika Anda makan perlahan-lahan, berarti Anda memberi waktu untuk perut bereaksi terhadap makanan. Dalam tabel proses pencernaan makanan dijelaskan, makanan bercampur enzim dalam liur, kemudian masuk ke lambung dan diberi enzim lagi, dan seterusnya. Semua proses itu membutuhkan waktu.

Dengan makan perlahan-lahan, Anda memberi kesempatan pada organ-organ tubuh Anda untuk bekerja sesuai kemampuannya, tidak dipaksakan untuk bekerja terlalu berat.

Lalu, bagaimana bisa memakan makanan secara perlahan bisa menurunkan berat badan?

Mereka yang melahap makanan pelan-pelan punya kesempatan untuk menikmati makanan. Mulai dari menikmatinya secara visual (sajian yang menggiurkan), secara nasal (wanginya menggoda), sampai benar-benar mencecapnya dengan penuh kenikmatan.
Hal itu akan membuat perut bisa mengindikasikan dengan tepat kapan saatnya harus berhenti makan.

Manfaat terakhir, makan perlahan membuat tubuh mampu menyerap nutrisi dalam makanan dengan lebih efektif. Tentu saja ini dapat membuat tubuh Anda sehat sekaligus awet muda.

No comments: